Sabtu, 20 Februari 2016

CekrekShot v1.2

Adalah sebuah aplikasi untuk mengambil gambar tampilan (screenshot) spesial untuk hp Symbian Anna, Belle, Belle Refresh, Fp1, Fp2. Mungkin kalian sudah kenal aplikasi yg namanya BestScreensnap, SuperScreenshot, Tap2Screen, Supershot. Ya, seperti itulah kira-kira fungsi aplikasi ini. Lalu, apa yg spesial di aplikasi ini? Apa bedanya dengan aplikasi screenshot yg lain? Simak penjelasan di bawah ini.

Terinspirasi dari aplikasi HiShoot untuk android, muncullah ide untuk membuat aplikasi CekrekShot ini. Terima kasih kepada  developer HiShoot, DCSMS yg sudah menginspirasi membuat screenshot dengan template. Dan juga teman-teman member grup NCFCI dan Family Symbian^3 Anna Belle yang telah mengetest aplikasi ini serta memberi masukan yg sangat bermanfaat.

CekrekShot dapat mengambil gambar layar serta mengolahnya langsung sesuai template yg dipilih. Tersedia banyak template yg [menurut saya] keren. Jika tidak suka tinggal hapus saja daripada membuat sesak memori. Jika masih kurang bisa ditambah lagi, sampai memori penuh juga boleh, hehe... Cara membuat template pun relatif mudah, cukup sediakan gambar yg diinginkan, tentukan posisi titik-titik sudut screenshot, trus simpan deh... Untuk detailnya sebaiknya simak tutorial membuat template, silakan kunjungi alamat ini.

Bahasa yang disertakan adalah English (default) dan Bahasa Indonesia, tapi bisa ditambah lagi misal bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa gaul atau bahasa planet juga boleh. XD File bahasa ada di folder languages, format filenya "NamaBahasa.lng". Ambil salah satu bahasa kemudian salin (copas). Edit atau terjemahkan hasil copas sesuai bahasa yang diinginkan. Jika pakai X-Plore, simpan unicode. Jika pakai Notepad++ di PC, pilih encoding UCS-2 LE atau UTF-16.

Tombol (shortcut) untuk mengambil gambar bisa dipilih, antara lain Proximity (default), Camera, CameraFocus, Menu, OK, Call, EndCall. Selengkapnya silakan buka menu Settings. Selain gambar layar, kamu juga bisa menaruh gambar lain (custom) pengganti screenshot, misalnya sudah punya screenshot tapi ingin memakai template dari CekrekShot ini.


Lihat dulu nih tampilan aplikasinya,



Keterangan Toolbar:
1. Hide / Back : Menyembunykan aplikasi CekrekShot, atau kembali ke tampilan sebelumnya
2. Previous : Memilih template sebelumnya
3. Tools: Membuka menu peralatan
4. Next : Memilih template berikutnya
5. Options Menu : Menampilkan menu pilihan

Ini beberapa contoh hasil screenshotnya,



Catatan:
  • Saat memilih template, perlu waktu beberapa saat untuk memuat preview template tersebut, lamanya tergantung ukuran file template serta background yg digunakan.
  • Untuk memilih template langsung tanpa harus menekan tombol Prev/Next, sentuh pada gambar preview template untuk memunculkan list template.
  • Jika menggunakan background, sebaiknya resize dulu background tersebut, karena di aplikasi ini background akan di-stretch (IgnoreAspectRatio / tidak proporsional).
  • Saat menambah/menghapus background/gambar kustom, cache otomatis ikut terhapus untuk menyesuaikan background/gambar kustom tersebut
======================================================================

Changelogs v1.2.1:
- Perubahan layout tampilan
- Penambahan fitur cache, template cukup dimuat sekali, selanjutnya akan mengambil dari cache
- Penambahan fitur pilih template dari grid, agar lebih mudah menentukan template yg diinginkan
- Template pack terpisah dari aplikasi untuk mempercepat penginstalan, download template pack ada di bawah
- Perbaikan bugs kecil

Changelogs v1.2.2:
- Perbaikan fitur cache
- Perbaikan bug force close saat memuat template besar
- Perbaikan bug kecil lainnya

Download CekrekShot (~550 KB):
Upfile | Mediafire | GDrive

Download Templates Pack (~15 MB):
Upfile | Mediafire | GDrive

======================================================================
Selamat bercekrek-cekrek ria. Tinggalkan watermark.mbm dan beralihlah ke template! :D

14 komentar:

  1. I love this app! thank you very much to develop for Symbian!
    I sent him a message via facebook.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks for your nokia template bro

      Hapus
    2. You're welcome bro! thank to you for this excelent application!

      Hapus
  2. Super Muantap ....
    Pokokoke CAHJOSS Memang JOSS Guandos.....

    BalasHapus
  3. terima kasih, thank you, arigatou...
    meski hp jadul, tp harus tetep exist, hehehe..

    BalasHapus
  4. Please keep 2 versions: CekrekShot Full with all Templates and CekrekShot Lite with few of them + Template pack. Because it's not so easy every time after hardreset add Tempates as Private folder. More easy just install 1 sisx, especially on all phones except 500. Thank You! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. There is a purpose, it's for easy upload for future updates, no need to upload same template files again just for update (as limited internet connection here). Yes it will need more effort on user side. But I think it will done easily by x-plore app. Thanks.

      Hapus
    2. Ok, this way can I install Full 12.0 and install on it 12.1 without Templates? So, finally I will get 12.1 with all Tempates?
      Also, Templates can be installed only on C drive? Not on E/F Memory?

      Hapus
    3. Not tested yet, but give it a try :D
      If you have a PC, you can repack them with SisContents.
      And the templates are following the app drive, if you install app on E: then the templates must be also extracted on E:

      Hapus
  5. thank to you for this excelent application!

    BalasHapus
  6. thank to you for this excelent application!

    BalasHapus
  7. cara install ckrekshot gimna um

    BalasHapus

Peringatan

Sebelum mendownload apapun dari blog ini, sebaiknya cek terlebih dahulu tanggal postingnya. Post yang sudah lama, kemungkinan besar link yang ada di dalamnya sudah kedaluarsa atau mati. Terima kasih atas kunjungannya.