Sabtu, 04 Februari 2012

Berkreasi sendiri membuat Logo Operator Nokia Symbian s60v3

Bosan dengan logo operator yang hanya tulisan nama operator? Tips kali ini akan menjelaskan bagaimana membuat logo operator berupa gambar kemudian diterapkan ke ponsel. Di sini kita tidak diharuskan paham apa itu MCC dan MNC, yaitu kode unik operator. Peralatan yang dibutuhkan yaitu Photoshop (atau editor gambar lainnya) untuk membuat logo yang kita inginkan, dan OpLogo Changer untuk dipasang di ponsel untuk memodifikasi logo operator. Ukuran gambar tidak dipermasalahkan oleh OpLogo Changer karena ia akan otomatis mengubah ukurannya agar sesuai di ponsel dengan di-stretch (dibentang). Namun begitu, sebaiknya ukuran disesuaikan, di Nokia C5-00 yang saya pakai yaitu 92 x 26 pixel (edit dapat dilakukan di Photoshop).
Bila belum familiar dengan Photoshop, kamu bisa langsung mendownload gambar-gambar logo operator yang banyak tersedia di internet, transfer ke ponsel dan terapkan logo tersebut dengan OpLogo Changer. Selesai. Yang menjadi masalah adalah logo tersebut terlihat kurang enak dipandang karena tidak ada unsur transparan, karena memang tidak diijinkan oleh si ponsel. Bagaimana menyiasatinya? Yaitu dengan menyamakan background logo dengan background wallpaper, sehingga terkesan ada efek transparan. Untuk jelasnya lihat gambar berikut,

Bagaimana, bagus yang transparan kan? Pertama-tama aplikasi yang dibutuhkan yaitu Screenshot Capture, bisa menggunakan ActiveFile atau yang lainnya. Aplikasi ini berfungsi untuk meng-capture atau mengambil gambar layar ponsel. Ambil gambar layar pada Homescreen, sehingga akan terlihat wallpapernya. Pada ActiveFile, pilih Menu – Start Screen Capture. Kembali ke layar awal dan tekan tombol “c” untuk mulai menjepret. Gambar akan disimpan di C:\Data\Images\AFImg.jpg. Transfer gambar hasil tersebut ke komputer untuk diedit dengan Photoshop. Ikuti langkah-langkah pada gambar berikut ini (saya menggunakan Nokia C5-00, mungkin akan berbeda di Nokia Symbian lainnya, terutama posisi logo-nya).





Sampai di sini kita sudah membuat background logo sama seperti background wallpaper sehingga seolah-olah logo kita transparan. Tentu saja kamu bisa melanjutkan berkreasi sendiri, menambah tulisan ataupun gambar terserah kamu. Jika sudah selesai, simpan dengan format .jpg kemudian transfer ke ponsel dan terapkan menjadi logo operator. Misalkan yang sudah jadi seperti berikut ini,


Maaf kami tidak bisa menyediakan link ke aplikasi yang diperlukan (Photoshop, OpLogo Changer dan Active File), jadi silakan mencari sendiri di internet (google), hehehe..
Akhirnya, selamat berkreasi.

Artikel Terkait :



1 komentar:

Peluang Usaha, CLICK HERE

Peringatan

Sebelum mendownload apapun dari blog ini, sebaiknya cek terlebih dahulu tanggal postingnya. Post yang sudah lama, kemungkinan besar link yang ada di dalamnya sudah kedaluarsa atau mati. Terima kasih atas kunjungannya.